Monday, November 28, 2016

Macam-macam Tamiya balap di Indonesia


Jenis Permaianan Mobil Tamiya Permainan balap Tamiya yang sering diminati kalangan anak-anak hingga orang dewasa. Tamiya memiliki berbagai spesifikasi yang bisa di kategorikan rumit (menyerupai mobil asli). Kelas permainan pada tamiya (mini 4wd) atau jenis permainan tamiya yang beredar di Indonesia ada beberapa macam dan jenisnya. Perbedaan jenis permainan ini analoginya seperti F1, Rally, drag dll. Dengan banyaknya perbedaan tipe permainan membuat permainan tamiya ini menjadi lebih menarik dan tidak membosankan.


Kurang lebih ada 5 kategori permainan tamiya yang berkembang di Indonesia yaitu Speed, Sloop, STO, STB, dan Drag. Temen-temen yang suka kebut-kebutan bisa coba permainan speed, yang suka akselerasi dengan lompatan bisa coba sloop, yang suka nyantai tapi asik bisa coba STO atau STB, yang suka gas poll lintasan lurus bisa coba permainan drag.


Tentu saja jenis mobil tamiya yang dipakai juga berbeda-beda antar kelasnya, karena menyesuaikan medan lintasan yang ada. Tetapi dalam setiap setingan mewajibkan adanya unsur kecepatan dan kestabilan mobil. Untuk lebih jelasnya mari kita simak beberapa jenis permainan tamiya yang bisa kita temui.


JENIS MOBIL TAMIYA


1. Speed


Tamiya Speed jenis ini mengutamakan kecepatan. Lintasan yang dilalui mobil tamiya seperti ini dengan medan datar dan belokan saja. Setingan utamanya yaitu mobil harus cepat dan stabil di kelokan. Sejauh yang saya tahu tidak ada peraturan khusus mengenai part yang dipakai, semua sah-sah saja asalkan bisa cepat dan stabil. Berikut contoh gambar tamiya speed.






2. Sloop


Selain kecepatan fator balance dan kesetabilan dalam permainan sloop mutlak diperlukan, bagaimana tidak track yang dilalui akan penuh dengan lompatan dan akselerasi lainnya. Oleh karena itu keseimbangan (balance) dan kestabilan sangat diperlukan, terutama ketika sedang melompat agar masuk kedalam track yang benar.








3. STO


STO atau Standar Tamiya Original adalah jenis permainan tamiya yang menggunakan hanya sparepart dan aksesoris bermerk “Tamiya” yang original.






4. STB


STB atau Standar Tamiya Box adalah jenis permainan tamiya yang menggunakan part dan aksesoris asli bawaan box (tamiya kotakan). Pengaturan penggerak 4WD dengan semua aksesoris asli bawaan box. Biasanya pemain STB menggabungkan beberapa box tamiya menjadi satu. Dari box ini ambil sacisnya, dari box ini ambil rollernya, dan seterusnya.






Pada umumnya kelas standar box ini menggunakan sacis jenis AR, MA dan FM. Karena part dan karakteristiknya sangat mudah digunakan untuk jenis permainan tamiya ini.


5. Drag


Drag, tentu teman-teman semua sudah tahu ya jenis drag. Yup benar sekali, kelas tamiya drag yaitu kelas tamiya yang mengutamakan kecepatan pada lintasan lurus saja. Tracknya juga lurus saja dengan jarak yang panjang.



6. Aoda


Aoda adalah jenis tamiya yang mempunyai bentuk yang unik. Tamiya ini mempunyai dinamo dengan posisi di tengah. Tidak ada peraturan khusus untuk setingan aoda. Layaknya seperti speed, yang penting kenceng dan stabil.





Biasanya pengaturan pada mobil drag menggunakan mesin ber-RPM tinggi dan mobil di atur sedemikian rupa agar ringan saat melaju, tentu asyik yah melihat mesin ber RPM tinggi ini kebut-kebutan di track.


Sejarah TAMIYA BALAP




2 comments: